Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Keunggulan Motor Listrik Viar Q1


Harga BBM yang belakangan ini naik drastis membuat sebagian orang mencari kendaraan alternatif dengan memilih motor listrik. Salah satu produk motor listrik yang populer di Indonesia adalah Viar New Q1.


Motor ini tidak membutuhkan bahan bakar karena menggunakan dinamo sehingga pengeluaran untuk mobilitas tidak akan membengkak. Selain itu motor listrik ini juga tidak membutuhkan perawatan, sehingga dapat semakin mengirit pengeluaran. 


Viar New Q1 dibekali dinamo 800 Watt yang mampu menghasilkan kecepatan 60 Km per jam dengan daya angkut maksimal 120 Kg. Motor listrik ini dilengkapi baterai bebas perawatan lithium-ion 60 volt dengan kapasitas 23 Ah sehingga mampu menempuh jarak sampai 60 Km.


Bisa juga baterai tersebut ditambah satu lagi, agar Viar New Q1 mampu menempuh jarak yang semakin jauh. Sementara itu, pengisiannya membutuhkan waktu 4-5 jam per baterai. 


Viar New Q1 menggunakan rangka berbahan dasar baja dengan beraneka warna pilihan. Sehingga, kalian  bisa memilih dengan lebih leluasa. Sementara sistem remnya menggunakan cakram hidrolik di roda depan dan belakang untuk keselamatan berkendara saat berkendara.


Untuk menambah kenyamanan, motor listrik ini dibekali suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang swing arm dengan peredam kejut ganda.


Motor listrik ini dilengkapi speedometer layar LCD negatif degnan desain modern. Selain itu juga dilengkapi remot anti maling untuk meningkatkan keamanan. Motor listrik ini dibanderol mulai Rp 18 jutaan. 


Spesifikasi dan Keunggulan Motor Listrik Viar Q1

Viar Q1 sebagai pelopor motor listrik di Indonesia memiliki beragam fitur dan keunggulan yang disiapkan untuk kalian.

sekilas saja, penggunaan mesin Bosch buatan Jerman saja sudah menunjukkan seberapa serius kualitas Viar Q1 sesungguhnya.

Lantas bagaimana spesifikasinya dan apa saja keunggulan lainnya? Yuk, cek langsung hal-hal terbaik dari Viar Q1 yang akan membuat kalian berdecak kagum!


Spesifikasi


● Mesin Bosch

Berbekal mesin listrik Bosch dengan tenaga maksimal 800 watt, tentu tak perlu diragukan lagi kemampuan Viar Q1 dalam mengarungi jalanan kota-kota di Indonesia. Diklaim mampu melaju hingga kecepatan 60 kilometer per jam, kalian bisa menjelajah sejauh kurang lebih 60 kilometer dengan Viar Q1.

Jarak tempuh dan kecepatan yang dihasilkan scooter listrik ini bisa didapat hanya dengan sekali charge saja!


● Baterai Lithium-ion

Baterai yang menjadi sumber energi Viar Q1 didesain bebas perawatan dan memiliki charging cycles yang cukup tinggi, yaitu hingga 600 – 800 kali charge. Kapasitasnya di angka 2 Kwh bisa diisi lewat charging selama 5-7 jam, cocok sekali untuk di-charge di malam hari saat tidur.

Viar telah menyediakan charger dengan input 220 volt yang sesuai dengan tegangan listrik di rumah.


● Dimensi

Memiliki dimensi yang tidak terlampau besar—yaitu panjang 1680mm, lebar 690mm, dan tinggi 1220; Viar Q1 sangat gesit digunakan di tengah kemacetan. Belum lagi ground clearance-nya yang cukup tinggi, yaitu 155mm, membuat motor ini bermasalah dengan jalanan yang macet atau polisi tidur.

Ditambah dengan rangka baja dan Double Swing Shock Absorber sebagai suspensi belakang yang membuat kalian dapat merasakan kenyamanan ekstra di jalanan yang tak bersahabat.


● Rem

Demi keamanan berkendara, Viar Q1 sudah dilengkapi dengan rem cakram baik untuk roda depan dan belakang. Keberadaan dual hydrolic disc brake tersebut lebih unggul dari kebanyakan motor skutik konvensional dengan harga setara Q1 yang umumnya hanya memasang rem cakram untuk roda depan saja.

Jadi, sudah jelas kan mana yang lebih unggul?


Keunggulan

● Ramah Lingkungan dan Efisiensi Tinggi

Viar Q1 didesain sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan mengusung konsep Go Green secara maksimal. Dengan menggunakan motor ini, kalian bisa berkendara tanpa emisi, minim polusi suara, dan punya efisiensi tinggi. Tidak main-main, proporsi efisiensi Viar Q1 mencapai 90%!

Efisiensi yang tinggi tersebut merupakan hasil kolaborasi kinerja ECU Viar dengan e-Motor Bosch. Jika dibandingkan dengan motor skutik biasa yang rata-rata efisiensinya hanya 30%, maka menggunakan Viar Q1 di jalanan jauh lebih ramah lingkungan untuk masa depan kalian sendiri.

kelebihan lain dari e-Motor Bosch ini, yaitu kemampuannya untuk meningkatkan torsi hingga 10% saat digunakan di jalanan yang menanjak sehingga Viar Q1 tetap bisa melaju dengan bertenaga dan akselerasinya kuat!


● Biaya Operasional dan Pemeliharaan Rendah

Dewasa ini, tentunya hal-hal yang ekonomis adalah pilihan yang tepat dalam keseharian. Nah, untuk urusan ini, Viar Q1 hanya membutuhkan biaya sebesar Rp. 2.700,- untuk menempuh jarak sejauh 100 km, dengan asumsi tarif listrik per kwh sebesar Rp. 1.350,-. Sangat murah kan bila dibandingkan dengan motor konvensional?

Kalian juga tak perlu pusing memikirkan biaya perawatannya. Maintenance atau perawatan seperti service dan ganti spare part tidak perlu dilakukan rutin setiap bulan sekali.

Kalian tak akan menemui keribetan ganti oli yang harus dilakukan secara berkala. Hasilnya, perawatan Viar Q1 jauh lebih ramah di kantong.


● Kemudahan Mengisi Ulang Baterai

Tidak perlu lagi mengantri di pom bensin sebagaimana dilakukan jika menggunakan motor konvensional. Juga, tak perlu bingung cari stasiun pengisian listrik belum ada di Indonesia.

Viar telah menyediakan adapter pengisi daya yang bisa digunakan dengan mudah di rumah. Bahkan tak hanya di rumah, kalian bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja selama ada colokan listrik, karena adaptor tersebut sesuai dengan tegangan listrik 220 volt yang umum digunakan di Indonesia.


● Anti Udara

Iklim tropis dengan curah hujan relatif tinggi di Indonesia memang jadi hal yang perlu diperhatikan saat memilih motor listrik. Karena itu, Viar Q1 telah didesain agar sesuai dengan kondisi alam dan cuaca di negeri ini.

Curah hujan yang tinggi di musim hujan serta genangan air dijamin tidak akan mengganggu kelistrikan Viar Q1.

Desain anti air (waterproof) pada body dan sistem kelistrikan Viar Q1 akan menghindarkan masalah saat motor digunakan saat hujan. Spare part kedap air yang digunakan di banyak bagian motor ini pun memastikan agar Viar Q1 lebih aman bagi kalian selaku pengendara.


● Desain yang Stylish

Tak hanya keunggulan aspek teknis dan kecanggihan sistem kelistrikan anti air yang didapatkan, namun desain yang modern dan stylish juga menjadi nilai tambah yang tak bisa dikesampingkan.

Desain Viar Q1 sudah melewati survei pasar dan mengikuti desain mode terkini untuk menghadirkan motor yang bisa jadi bagian dari gaya hidup.

Apalagi ada tambahan fitur seperti socket listrik untuk mengisi daya baterai smartphone, alarm untuk keamanan motor, serta bagasi yang cukup luas untuk menampung helm half face.

Semua itu menguatkan alasan kalian untuk memilih motor listrik yang satu ini!